[English] Tips Agar Bisa Lancar Berbahasa Inggris


Bismillaahirrahmaanirrahiim..

Assalaamu’laykum.wrh.wbr.

Apa kabarnya nih, teman-temanku di sana? ^^ Aku sharing dikit nih, banyak sekali orang ~yang mother tongue nya bukan Bahasa Inggris~ mengeluhkan bahwa mereka tidak bisa bahasa Inggris dengan dalih tidak punya bakat, atau tidak ada kemungkinan, atau tidak punya uang buat kursus, atau kendala lainnya.

I’m saying that I said that it’s not fully true, bud. Ga perlu bakat untuk bisa, (walaupun memang yang berbakat lebih cepat bisa), ga perlu les di sana sini untuk bisa (ada seseorang yang lancar berbahasa Inggris, tapi terakhir kali les bahasa Inggris cuma kelas 1 SMP, ga nyampe setahun). Kenapa begitu? Buktinya ada berjuta orang yang lancar sekali berbahasa Inggris, padalah baru berapa tahun belajar. Contoh aja om favoritku, Jackie Chan di film-filmnya, atau Miss Universe yang bukan dari Amerika (Aku ga tau namanya hehe) yang iklan You C 1000, atau Maher Zain yang subhanallah sekali lagu-lagunya, atau ga jauh-jauh deh, guru-guru dan teman-teman  kita.

Anyone can speak, but only a few of these can be great by learning hard, insya Allah. Aku juga belum bisa betul bahasa Inggris, masih gagap dan berantakan. Tapi sedikit banyak bisa kasih tips dikit, hehe.. ^^v Nih silahkan disantap, wkwkwk:

Find Out Which Is Which

Pertama kali yang harus kita pahami adalah, di mana sih letak kelemahan kita dalam berbahasa Inggris? Perbaiki yang itu dulu, sekalian yang lain yang sudah lumayan lancar ikut mengiringi. Misalnya kalau kita kesulitan dalam membaca tulisan ber-text English, maka yang itu dulu yang kita perbaiki. Pokoknya masalah tersulit yang menghalangi, itu dulu yang kita pangkas.

Solve that/those Basic Problem(s)

Setelah kita tahu dan sadar, bahwa kita lemah di sini atau di situ, nah, saatnya menuju sasaran. Di sinilah aku akan sedikit jabarkan:

  • Reading. Bila kita punya masalah di sini, tidak sulit. Tapi tidak bisa terburu-buru. Pengalaman belajarku bertuah, kalau kita paksa baca tulisan tingkat tinggi untuk melatih cara baca yang masih kacau balau, maka bisa diprediksi hasilnya tidak akan optimal. Kita bisa mulai dari kata perkata. Cobalah ucapkan dengan benar dan pas vocabs dalam bahasa Inggris. Bila sudah lumayan, bisa beralih ke tulisan-tulisan pendek untuk buku SMP atau SMA. Pilih yang bacaannya tidak susah. Nah, kalau sudah lumayan mantap baru belajar yang buku-buku tebal atau film yang subtitle-nya bahasa Inggris. *kayak film korea :D
  • Listening. Nah, yang ini aku belum berani banyak ngemeng, soalnya aku juga belum bisa. :D Sekarang aku masih melatihnya, cara yang bisa aku bagi, cari teman ngomong (kalau aku, kalau ga punya, ngomong sama cermin atau ngomong sendiri, heheh), atau nonton film barat kartun yang tidak ada artinya. Film kartun kan di dubbing, jadi biasanya bahasa Inggrisnya lebih jelas, setahuku sih :p. kalau udah lancar, nonton yang lebih berat, film orang, atau bila perlu film 3D. :p
  • Speaking. Inilah yang orang suka salah kaprah, katanya kalau bisa ngomong berarti skill lainnya juga lancar. Belum tentu, loh, kalau ngomongnya asal ngomong belum tentu bisa academic writing atau listening. ^^v. Tapi kalau punya masalah di situ, sekali lagi ga perlu tergesa-gesa. Coba dulu yang gampang-gampang, seperti “how are you”, “you’re cute” (thank you :D). Kalau aku sih suka mengulang-ngulang yang aku dengar atau tonton, atau kata-kata andalanku *hoho. Setelah agak lancar, aku coba ganti subjeknya, ganti kata kerjanya, dll. Misalnya kalau udah lancar bilang “do you wanna know why I am good in cooking?”, aku coba ganti do jadi did, why jadi how. Lama-lama lancar. ^^ Insya Allah.
  • Writing. Writing inilah yang sebenarnya skill terhebat yang dimiliki seorang English Man. Di bawahnya ada reading, speaking, dan terakhir listening. Masalah writing kompleks sekali dengan kemampuan grammar kita, structure, dan vocab, selain kemampuan menulis juga. Jadi menurutku kalau mau bisa lancar writing coba dulu meningkatkan dasar-dasarnya. b^^d
  • Grammar. Tips dariku cuma satu. Jangan menghafal pattern/formula materinya. Tapi pahami bagaimana kita menggunakannya. Kalau caraku sih gimana caranya aku harus bisa membedakan suatu bentuk dengan bentuk lainnya. Misalnya kapan pake to infinitive dan kapan pake gerund, kapan past tense dan kapan present tense, kapan conditional tipe I, II, dan III, dll. Dengan begitu bisa mengerti kapan dan bagaimana kita menggunakannya.
  • Vocabularies. Ini juga masalah friends, lack of vocabularies sangat menjadi kendala saat orang bicara. Dulu aku suka mencampur-campurnya. Ingat sekali dulu aku mengatakan saat retelling story “It will be rancu”. Haha, sampai sekarang masih ingat rancu dalam bahasa Inggris. Caraku sih begitu, kalau belum bisa campur-campur aja dulu, wong ga ada yang bakal makan kita kalau kita salah (untuk kegiatan sehari-hari). Asal jangan campur-campur terus aja. Wkwkwk. Nah, cara lainnya, kalau misalnya udah tahu kata “cantik” dalam bahasa Inggris, kenapa tidak cari tahu “mempercantik”? Dengan begitu kan satu kata dasar kita bakal punya banyak vocabs. d^^b. Atau bisa juga membedakan penggunaan suatu kata dengan kata lainnya, seperti di sini. Dengan begitu akan lebih ingat, insya Allah.

Don’t only focus to one subject

Aku suka lihat orang hanya belajar yang ituuuu doang, kalau bukan bosan ya cuma itu juga yang bakal dikuasai. Dan lagi, skills dalam bahasa Inggris itu saling terikat dan terkait. Jadi kalau mau bisa speaking, kita harus punya banyak kosakata. Kalau mau bisa writing, setidaknya kita harus ngerti grammar dan bisa reading. Gitu, buddies. ;)

Don’t just do learning once a year

Kita tidak akan berprasangka bila seseorang berhenti dan tersendat-sendat belajar bukan karena malas, tapi karena nyerah, “Wah, gue ga berbakat”. Bahasa Inggris itu sama kayak olahraga atau memasak, harus rajin, ga bisa sebulan sekali meskipun seharian penuh ngadep buku. Lima menit aja (tapi tiap hari) kita sisihkan untuk mampir ke catatan kita. Insya Allah lebih efektif. Kapasitas otak kita kan terbatas, kalau sekali masuk berton-ton ga bakal muat, apalagi kalau kita paksa, malah bikin pusing. ^^’

Just Dare To Try

Inilah yang aku ingin sekali pembaca (dan aku sendiri) ingat betul. Jangan sekali-kali kita merasa rendah diri bahwa kita ga mampu. Bedakanlah rendah diri dan rendah hati. Lama-lam bisa fakir nikmat. Hehe. Ga perlu malu nyoba pake bahasa Inggris, toh anak kecil bisa jalan harus belajar dari ngerangkak waktu bayi, kan? ^^v. Ajak yang pinter (dan pinter ngajar) belajar bahasa Inggris bareng-bareng. Suatu saat nanti akan kita rasakan manfaat dari bahasa yang kita pelajari, insya Allah. Contoh yang aku punya, aku bisa berbagi ilmu dan manfaat untuk pembaca sekalian. Aku sering kok, dibilang “bahasamu itu masih kacau”, “masih perlu latihan”, “sok-sok bisa”. Itu wajar, friends. Wajar orang-orang begitu. Asal kita jangan pamer saja. *aku pun takut juga salah niat nulis ini T.T

Channel Your Hobbies Using English

Ga ribet-ribet, nih. Kalau aku kan hobinya nulis-nulis, nih. Sekarang (saat nulis ini) aku sedang menyalurkan hobi, loh, yaitu melatih bahasa Inggrisku dan mengingat-ingat masa-masa SMA saat aku giat melatih lidahku. Atau aku yang hobi nonton, aku suka ngopi film teman, tapi kalau bahasanya bisa kutangkap aku ga pake subtitle. Jadi lebih melatih pendengaran dan vocabs. Tulisan-tulisanku sebelumnya itu, beberapa nama (di contoh-contoh) aku ambil dari nama di film-film. Heheh. Jadi bisa nambah koleksi nama juga. ^^ Beberapa kata baru juga aku dapat dari nonton film (ditebak katanya apa). Kalau caraku sih begitu, ntah hobi teman-teman apa, kalau kata om Jackie Chan “Everything is Kung Fu”, maka aku bilang “Everything is English”, wkwkwk.

Use English Everyday But Don’t Be Show Off

Mari kita coba gunakan bahasa Inggris, setiap hari. Ga mesti langsung ngomong atau ngobrol pake bahasa Inggris, kok. Coba aja dengar-dengar music, nonton, baca buku, lama-lama nanti bisa juga ngomong dikit-dikit. Bisa juga dari facebook atau twitter, toh kalo bukan kejam ga bakal ada yang mengejek kita kan? Tapi ingat, bud. Jangan ulangi kesalahanku, aku pernah dibilang sok, katanya ga bisa menempatkan diri. Iya juga ya, dulu waktu lagi gencar-gencarnya belajar dan masih kekanakan (tapi sekarang belum dewasa juga, hehe), aku ga pandang bulu untuk melatih bahasa Inggris, malah kadang-kadang terdengar pamer atau semacamnya. Akhirnya aku sadar, meskipun suka bukan berarti kita harus “menunjukkan” kalau kita bisa. Padahal tidak semua teman kita memahami, tidak semua nyaman dengan cara ngomong barat kita. Begitu sih menurutku. v^^ Kecuali kalau teman kita itu paham kita mau jadikan dia teman belajar, lain kalau dia sendiri tidak paham. Lewat ini aku minta maaf ya, sama teman-teman yang mungkin pernah tidak suka dengan caraku. Terima kasih.. T.T

Nah, segitu aja tips dari fi. Semoga bermanfaat. b^^d. Titip doa ya setelah solat teman-teman, agar aku bisa meraih manfaat. Aamiin.. Semoga teman-teman dapat meraih cita manfaat, Aamiin (sambil menengadahkan tangan). ^^v

Baca pula cara tips cepat memahami vocab di sini :)

About fi

Muslimah Biasa..

Posted on March 10, 2011, in Tips For You. Bookmark the permalink. 89 Comments.

  1. kak ane juga mau msuk grup di facebook,smoga bahsa inggris ane bsa lancar.tpi saya sering minder klo salah,malahan dibilang sok2an gtu,gmana ya kok tman ane kyak gtu sih padahal yang mau mju kan saya bkan dia

    • Silahkan masuk :)

      Jangan minder, ya. Ini kan bahasa orang, wajar kalo kadang-kadang susah..

      • I have a teacher who still teach me now . . . she had ever said to me, “Hey, don’t use your own english!” I’ll never understand why she said it . . . I just speak in english as usual as many people do . . . dou you know what? because of that, I had ever felt down . . . such as be passive-man whereas before it, I was active-man in english class . . . but after the day had gone by gone . . . my feeling backs to normal again and I speak in english wit high-self confidence again without carrying ashamed to get wrong . . . ^_^ so, what do you think, Sist? ^_^ thanks for your responding ^_^

      • Uhmm..

        I don’t know, but perhaps she thought that your English (at that time) was more like Indonesian English (of which all people know is so far away from native speakers’) than American or even British English.
        It’s a good thing you did to not care what she said, it would slow you down if you cared. But if it’s Grammar she talked about, and if you think your Grammar still needs some reparation, you know what to do. :)

        For me, I don’t really care how people think my English is, what I care is how much I can give to this world, through English, for example..

      • assalam’ualaikum
        kak perkenalkan nama saya siti aisah , tahun ini saya sudah kuliah di perguruan tinggi swasta tepatnya dicimahi , saya mengambil prodi bahasa inggris , awal saya mengambil prodi ini karena saya ingin lebih ada tantangan dalam hidup karena jujur saja saya sebetulnya sama sekali tdk mengerti bahasa inggris , awalnya saya merasa enjoy2 dan semangat namun makin kesini2 saya merasa minder dan merasa semangat saya mulai hilang bahkan saya merasa saya tdk mampu lagi untk kuliah di prodi ini dan bahkan ada terlintas ingin keluar dari perkuliahan dan ingin mengambil prodi lain saja misalnya seperti pkn dll , karena melihat teman2 yg mampu mengerti bahkan mampu berbahasa inggris terlebih mampu mengerti saat pelajaran listening , stracture dan reading .

      • WA’alaykumussalaam warahmatullaah.
        Ini namanya masa galau, menuju puncak kedewasaan.
        Anti sudah diskusi dengan orang tua? Apa yang bisa ana bantu? Coba ke grup Kelas Bahasa Inggris di Facebook, Dik.

  2. rimakasih mbak atas informasinya hal ini nsyaallah akan menambah motivasi saya untuk belajar bahasa inggris,,,

  3. Terima kasih tips-nya…
    Sangat bermanfaat untuk ngajari anak-anak….

  4. Bisa juga dengan cara ngeblog kayak blog ku ini http://yantizho.blogspot.com awalnya juga cuma pengen memperlancar kemampuan berbahasa inggris akhirnya aku coba2 untuk nulis artikel dalam bahasa inggris, yah temanya emank banyakan ttg artis sih tapi itu karena emang ga tau mau nulis apaan lagiiii…
    sampe sekarang masih ngeblog tapi uda jarang update..

    Daaaaannn setelah ngeblog dengan artikel full english, masih aja bahasa inggris ku payah, masih tetap merasa kemampuan berbahasa inggrisku gak ada apa2nyaaaaa
    aku pengen bgt jago berbahasa inggris selayaknya native speaker!!
    sampai sekarang masih tetap belajar belajar daaaan belajarrr..

  5. siip, mohon izin save

    yang saya rasakan untuk mempelajari bahasa asing adalah harus memiliki vocabularies, yang cukup banyak, terutama yang umum digunakan. Saya tidak bisa Bahasa Inggris, tapi sedikit menguasai Bahasa Arab.

    yang saya lakukan adalah mengumpulkan kata (mufrodat) dan kalimat (uslub) dari buku, situs, chanel, film, dan dari native speaker. sampai sekarang masih mengumpuklan kosa-kata baru terutama situs, ebook dan film animasi kartun islami atau film kartun yang sudah di terjemahkan ke bahasa Arab seperti ICE AGE dan CONAN.

    perlu diperhatikan juga bahwa mempelajari bahasa asing tidak selamanya menerjemahkan, tapi juga mencari padanan kata, contoh dalam bahasa arab, orang indonesia kalau memberi sumbangan tanpa menyebut nama cukup menulis HAMBA ALLAH, tapi yang saya tahu dari beberapa dokumen orang Arab menulis Fail Khor/fai’lah khoir (فاعل خير / فاعلة خير) sebab kalau ditulis Hamba Allah (عبد الله ) kan laki-laki, kalau donatur nya perempuan?

    OOT

    • Antum ga belajar perubahan kata ya?
      Ana SMA dulu ada pelajaran bahasa Arab, baru batas isim doang.

      Ana sedang nyari solusi bisa bahasa Arab juga, ana bisa dikit, tapi dikit banget.
      #Ditunggu balasannya

  6. saya pingin sekali bisa bahasa inggris, saya selalu minder n gatau gimana caranya mulai… ditambah minder krn usia skrg terbilang sdh ga muda, padahal di tempat kerja juga harus sering pake bhs inggris.. sista, gimana caranya sy biar PD dan cepat belajar…?

    • Bisa..
      Pasti bisa, cuma saya ga tau caranya agar “cepat”, semua itu kan butuh waktu.. :)

      Coba gabung ke Kelass Bahasa Inggris di Facebook, Insha ALLAH di sana lebih fokus..

  7. insya allah lah buat yg writting & speaking, itu bisa d tingkatkan lg smbil belajar.. aku jg sering dengerin musik brat dan film luar..wkwk
    tp kelemahan ku di vocabularies & listening .. hhffiiuft T^T
    itu susah bgt..
    aku msh bingung sm vocab, kyk kehabisan kata” gtu deh, udh gitu listening, -.-
    apalagi orang luar klu ngmng inggris nya lancar bgt smpai gx jelas kata” yg d ucapin nya..

    o iya aku jg msh bingung cara nempatin kalimat” nya.. -.- tgas ku smpai d ulang” gara” penempatan kalimat nya ada yg terbalik.. itu hrs gmana?? T_T

    iri bgt sm yg udh bisa bhasa inggris, kyk nya mreka belajar ny cpet bgt ya, lah aku………!!!!!!!!! T.T pdhl cita” ku jd diplomat dan penerjemah bhasa asing .. >< huaaaa dream high again… my english still bad T__T

    • Hmm, berarti sejak sampean baru-baru belajar dulu hingga sekarang, memang kurang giat di bagian vocab dan listening-nya, sehingga susah mengakrabkan diri dengan itu :)

      Penempatan kalimat maskudnya seperti apa?
      Mungkin masalahnya di kemampuan grammar yang masih kurang :)

      Wah jangan iri lah.. Hehe, iri itu kurang baik kl ga diikuti kemauan memperbaiki diri..
      Menurut saya, never describe your English is bad or terrible, it’s a dangerous habit :) You will eventually believe that it is true.. ^^v

  8. mohamad alimin

    assalamu’alaikum.. :’) oh God.. i’m so proud of this.. :* *pdhal takut slah nulis n ngrti’inya.. :) hehe
    wahhhh ku bner” trhru bca ini.. *pa hubunganya o_O hehe. couse bner2 motivasi ku bgt… sbntar lgi ku lulus smk.. pngennn bgt n shrusnya udah lncar ! T_T . i think vocabs and listening that i can handle ! :( . mbaknya.. aku mau dong msup group di fbnya.. please.. T_T

  9. manfaat bngt motivasi nya dan aku pngen bnget masuk k group boleh kan ?

  10. Risdan mawati laia

    thank you so much

  11. I had taken course for SIX year. On one year last, I can speak english, but not fluenlly. Know, I havn’t tried to speak english. Thank you for your remmembering :-)

    I want to study again :-)

  12. dengan niat,usaha,yakin dan doa serta sabar..pasti kita bisa…….

  1. Pingback: Membedakan Makna dan Penggunaan Kata Dalam Bahasa Inggris « Merajut Kata

  2. Pingback: [English] Cara Memahami (Bukan Menghafal) Vocab « Merajut Kata

  3. Pingback: [English] Singkatan Umum dalam Bahasa Inggris « Merajut Kata

  4. Pingback: Cara Agar Bisa Kerja Di Luar Negeri | Bagaimana Cara Nya

Terima kasih komentarnya ^^

